sponsor

sponsor
Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Slider

Bahan Ajar dan Silabus

Jurnal

RPS

Geografi

Kontrak & Rekonstruksi

Umum

Buku

» » » » Manfaat Blog Guru/Dosen bagi Peserta Didik dalam Pendidikan


Dunia IT berkembang begitu pesat. Hampir tidak ada sebuah pekerjaan, aktivitas atau profesi apaun yang tidak berhubungan dengan IT. Salah satu produk IT diantaranya adalah internet. Teknologi sekarang ini sudah semakin canggih, perkembangan internet juga sangat pesat. Hal ini dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan. Sistem pembelajaran yang ada sekarang semakin inovatif dan berkembang. Mungkin akibat perkembangan teknologi inilah yang membuat kemudahan akses dalam berbagai bidang kehidupan tak terkecuali dalam dunia pendidikan.


Perkembangan yang ada memang tidak hanya berdampak positif saja, namun membawa dampak yang negatif pula bagi lingkungan, sikap, pemikiran dan kehidupan. Setiap orang pasti bergerak ke arah kemajuan dimana segala sesuatunya menjadi sangat cepat dan mudah. Pendidikan merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap orang tanpa terkecuali. Pendidikan bukan hanya pendidikan pada lembaga-lembaga resmi yang terkait, namun juga meliputi berbagai lembaga pendidikan yang ada. Pendidikan juga bukan hanya sekedar mencari ilmu disekolah atau lembaga pendidikan lain, nemun meliputi segala bentuk pendidikan dalam kehidupan, misalnya pendidikan yang dilakukan oleh orang tuanya dalam mengajari anaknya yang masih kecil makan, minum, belajar bagaimana bersikap sopan dan sebagainya. Pendidikan mencangkup berbagai hal dan melalui berbagai media. Guru sekang ini dituntut memiliki kreativitas dan selalu berinovasi dalam proses pendidikannya. Begitu juga halnya dengan perkembangan teknologi Internet yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Selain itu Internet juga menyediakan fasilitas transaksi produk, tranformasi ilmu dan life style. Biasanya fasilitas-fasilitas tersebut dibungkus dalam sebuah website (situs) atau blog. Blog merupakan teks dokumen, gambar, obyek media, dan data yang tersusun secara rapi dan menurut kronologi tertentu, yang dapat dilihat melalui browser internet dan biasanya berisi catatan atau jurnal pribadi. Diantara penyedia skin blog gratis adalah; blogspot, wordpress, multiply dan masih banyak lagi. Sayangnya, keberadaan blog dengan multi manfaat tersebut, jarang dijamah oleh komunitas guru. Padahal keberadaan blog bagi guru kalau kita kaji secara mendalam mempunyai banyak manfaat. Manfaat dari Blog : Ada banyak manfaat blog bagi guru. Diantaranya adalah:
1.      Blog dapat berfungsi sebagai media pembelajaran menulis. Dengan blog guru belajar dan mengasah kemampuannya dalam membuat sebuah karya ilmiah atau karya tulis. Sebelum unjuk gigi dalam bidang karya tulis dalam setiap even resmi seperti; lomba karya tulis, atau sertifikasi, alangkah baiknya guru menggunakan blog sebagai media pembelajaran menulis terlebih dahulu.
2.      blog dapat menjadi media publikasi hasil karya yang paling mudah dan strategis. Semisal, publikasi hasil penemuan, karya ilmiah dan kegiatan-kegiatan siswa atau guru di sekolah.Ketiga, Blog dapat berfungsi sebagai media atau tutorial pembelajaran. Guru dapat membuat dan meresume materi pelajaran kemudian meletakkannya ke dalam sebuah blog, sehingga siswa dapat mengakses materi guru dengan mudah, tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Penggunaan blog sebagai media pembelajaran sangat mudah digunakan dan mudah dikelola dan dirawat. Keempat, dengan blog guru dapat menjalin komunikasi dan interaksi antar komunitas pengajar di seluruh nusantara. dan yang lebih menarik lagi, guru dapat membangun personal branding
Paradigma pendidikan telah berubah seiiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, artinya guru sekarang tidak lagi menjadi pusat ilmu bagi peserta didik. Pemanfaatan teknologi seperti komputer dan Internet telah memberi kemanfaatan yang sangat besar bagi guru dan peserta didik.
Bagi guru, Komputer dengan fasilitas Internetnya mampu menambah khasanah keilmuan guru dalam mempersiapkan pembelajaran. Banyak di dunia maya ini, guru dengan mudah mendapat referensi untuk keperluan pembbuatan Rencana Pembelajaran (RPP), Silabus, Kurikulum Implementatif, dan lain lain. Bahkan guru, dengan sedikit kemampuan penguaasan tool/ aplikasi seperti Moodle, mampu menyajikan materi pembelajaran secara dinamis, baik berupa konten materi, evaluasi, quiz, dan nilai.
Bagi peserta didik, materi yang akan disampaikan guru telah didapat sebelum jam pembelajaran terstruktur di kelas. peserta didik dapat lebih siap menerima materi dari guru untuk dapat dipelajari sebelumnya. Banyak manfaat Blog untuk seorang yang berprofesi sebagai guru yang tidak dapat diuraikan secara mendetail di postingan ini. Yang jelas, proses pembelajaran akan lebih efisien dan efektif.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post