sponsor

sponsor
Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Slider

Bahan Ajar dan Silabus

Jurnal

RPS

Geografi

Kontrak & Rekonstruksi

Umum

Buku

» » » » Profil Program Studi Pend. Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat

Program Studi Pendidikan Geografi

a.      Visi
Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Keguruan dan Pendidikan Geografi yang Kompetitif di Wilayah Sumatera Tahun 2026

b.      Misi
1.    Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis kepada pengembangan kecerdasan intelektual (hard skills) dan kecerdasan emosional (soft skills) untuk memperoleh kecakapan hidup (life skills).
2.    Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan dan pengajaran serta bidang lain sesuai dengan keilmuan program studi.
3.    Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) yang dilandasi profesionalisme.
4.    Menyelenggarakan perguruan tinggi yang akuntabel, efisien, efektif, transparan, relevan dan mandiri.
5.    Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan program dan atau pembukaan program studi baru

c.      Tujuan
1.    Menghasilkan lulusan dengan profil utama guru Geografi, dan profil tambahan sebagai Analis Keruangan, Wilayah, Ekologi, dan Kebencanaan sesuai dengan kebutuhan stakeholders dan tututan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
2.    Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan pengabdian dibidang Pendidikan Geografi dan Ilmu Geografi untuk meningkatkan khazanah pengetahuan Geografi dan pembangunan nasional
3.    Mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS dibidang Pendidikan Geografi dan Ilmu Geografi untuk mendukung pembangunan masyarakat madani (civil-society) yang demokratis dan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri dalam mecapai tujuan pembangunan bangsa.
4.    Mencapai keunggulan kompetitif dan komparatif Program Studi Pendidikan Geografi melalui penerapan prinsip pengelelolaan sumber daya sesuai dengan azas pengelolaan yang profesional.
5.     Menjadikan Program Studi Pendidikan Geografi sebagai program studi yang memiliki tata kelola yang baik (good university governance), sehat dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga mampu meningkatkan jejaring kerjasama dalam mengambil bagian dari pembentukan Sarjana Pendidikan Geografi yang cerdas dan mandiri.

d.   Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi
Profil Lulusan
Deskripsi Profil

1
Guru Geografi


Menjadi guru geografi yang mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogi Geografi serta keilmuan Geografi dalam pembelajaran Geografi berdasarkan pada Standar Nasional Pendidikan sehingga menghasilkan desain pembelajaran sesuai dengan perkembanganIPTEKS, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya. Mampu mengevaluasi proses dan hasil belajar Geografi berdasarkan pada prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi yang tertuang dalam Standar Nasional Pendidikan sehingga menghasilkan data yang berguna untuk berbagai tujuan.Mampu mengambil keputusan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Geografi, pemberian tindak lanjut serta pelaporannya,  berdasarkan analisis data asesmen. Mampu mengambil keputusan perbaikan mutu pembelajaran Geografi di kelas maupun di sekolah berdasarkan hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif. Mampu bertanggungjawab terhadap tugasnya sebagai guru serta menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga dan percaya diri menjadi guru, dan berkomunikasi secara efektif, berlandaskan kode etik guru, baik di kelas, sekolah, maupun di masyarakat.Cerdas memilah dan memilih media dan alat evaluasi sesuai kurikulum yang diajarkannya dengan mengamalkan nilai transparansi dan menumbuhkan karakter peserta didiknya.Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religius, toleran, dan bertanggung jawab.Mampu berkomunikasi lisan dan tulis serta memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi.Memiliki semangat melayani dan bersaing secara sehat serta memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan (masyarakat, bangsa, dan Negara).
2
Analis Keruangan dan Wilayah

Menjadi analis keruangan dan wilayah yang mampu menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang analis keruangan dan wilayah. Mampu menguasai metode dan teknik survei/penelitian secara spasial melalui citra penginderaan jauh, dengan metode SIG.Mampu menguasai metode dan teknik survei/penelitian secara spasial melalui teknik pemetaan berbasis IT dengan metode Sistem Informasi Geografi (SIG).Mampu menguasai metode dan teknik survei/penelitian secara spasial untuk kepentingan pengembangan manajemen dan mitigasi bencana, tata ruang dan wilayah.Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menemukan solusi masalah-masalah  yang terkait dengan keruangan dan kewilayahan
3
Analis Ekologi dan Kebencanaan


Menjadi analis ekologi dan kebencanaan yang mampu menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang  analis ekologi dan kebencanaan.Mampu menguasai teknik pemetaan berbasis IT dengan metode Sistem Informasi Geografi (SIG) untuk kepentingan pemetaan kerusakan lingkungan dan pemetaan mitigasi bencana. Mampu menguasai metode dan teknik secara pengelolaan data spasial dan kebencanaan yang  berbasis IT dengan metode Sistem Informasi Geografi (SIG). Mampu mengidentifikasi, menganalisis  dan menemukan solusi yang terkait dengan  masalah  Ekologi dan Kebencanaan.


e.      Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian pembelajaran lulusan program studi Pendidikan Geografi mencakup empat unsur yaitu unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan. Aspek capaian pembelajaran lulusan program studi Pendidikan Geografi dapat dilihat sebagai berikut:
Profil Lulusan
Capaian Pembelajaran
Sumber
Kode
A.   Aspek Sikap
1.    Guru   Geografi

2.    Analis Keruangan dan Wilayah

3.    Analis Ekologi dan Kebencanaan


S1
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
Lampiran Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
S2
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S3
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S4
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan Bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
S5
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S6
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S7
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S9
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S10
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B.   Aspek Keterampilan Umum
KU1
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Lampiran Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
KU2
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU3
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi dan menggunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU4
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan posedur baku, analisis informasi dan data
KU6
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaga.
KU7
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
KU8
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

C.   Aspek Keterampilan Khusus
KK1
Mampu menganalisis resiko dan bahaya suatu bencana sehingga dapat menyusun upaya dalam mengantisipasi dan meminimalisir kerusakan bencana.


Rumusan Program Studi  Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat
KK2
Mampu mengukur kerentanan dan kerawanan bencana suatu lahan atau lokasi yang memiliki resiko bencana.
KK3
Mampu mengevaluasi karakterisitik suatu lahan atau lokasi yang berpotensi untuk terjadi bencana
KK4
Mampu memecahkan masalah ekologi dan kebencanaan melalui penelitian sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan karakteristik wilayah tersebut.
KK5
Mampu menyusun adaptasi dan mitigasi bencana dalam mengantisipasi dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan ekologi dan kebencanaan
KK6
Mampu mengambil keputusan perbaikan ekosistem suatu wilayah berdasarkan hasil analisis ekologi yang dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif.
KK7
Mampu mengaplikasikan metode dan teknik survei pemetaan secara spasial untuk kepentingan persebaran lokasi dan luas area bencana untuk kepentingan mitigasi dan adaptasi bencana dengan metode Sistem Informasi Geografi (SIG).

D.   Aspek Pengetahuan
P1
Mampu menguasai konsep dan prinsip ekologi melalui kerja ilmiah sesuai dengan kedalaman dan keluasan analisis ekologi dan kebencanaan.
Rumusan Prodi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat


P2
Mampu menguasai teori dan prinsip-prinsip ekologi yang mendalam dan sesuai dengan perkembangan IPTEKS terkini.

P3
Mampu menguasai metode dan teknik survei pemetaan secara spasial melalui peta dasar maupun citra penginderaan jauh.
P4
Mampu menguasai teknik pengukuran, pengumpulan data dan analisis ekologi dan kebencanaan.
P5
Mampu menguasai konsep dasar penelitian ekologi dan kebencanaan melalui praktik sehingga memiliki pemahaman yang utuh tentang pemecahan masalah melalui penelitian

f.        Struktur Kurikulum
1)      Kurikulum
No.
Kode M.K
Nama Mata Kuliah
SKS
Rincian SKS
Semester
T
P
1. Mata Kuliah Wajib Institusi




1
STKIP0001
Agama
3
3
0
1
2
STKIP0002
Pancasila
2
2
0
3
3
STKIP0003
Kewarganegaraan
2
2
0
1
4
STKIP0004
Bahasa Indonesia
2
2
0
2
5
STKIP0005
Pengantar Pendidikan
2
2
0
4
6
STKIP0006
Perkembangan Peserta Didik
3
3
0
8
7
STKIP0007
Profesi Kependidikan
3
3
0
4
8
STKIP0008
Ilmu Kealaman Dasar
3
3
0
6
9
STKIP0010
Ke-PGRI-an
3
3
0
5
10
STKIP0011
Kewirausahaan
3
3
0
2
11
STKIP0012
Bahasa Inggris
2
2
0
3
12
STKIP0013
Budaya Minangkabau
3
2
1
7
13
STKIP0014
PL Kependidikan
4
0
4
7
Jumlah SKS
 35
 30
5

2. Mata Kuliah Wajib Program Studi




1
GEO030001
Pengantar Filsafat Geografi
3
3
0
1
2
GEO030002
Geologi Umum
3
2
1
1
3
GEO030003
Geomorfologi Umum
3
2
1
1
4
GEO030004
Geografi Penduduk
3
3
0
1
5
GEO030005
Geografi Tanah
3
2
1
2
6
GEO030006
Meteorologi / Klimatologi
3
2
1
3
7
GEO030007
Kartografi
3
2
1
3
8
GEO030008
Aplikasi Bahasa Inggris
2
2
0
3
9
GEO030009
Oceanografi
3
2
1
4
10
GEO030010
Hidrologi Dasar
3
2
1
3
11
GEO030011
Geologi Indonesia
2
2
0
2
12
GEO030012
Geomorfologi Indonesia
2
2
0
2
13
GEO030013
Penginderaan Jauh/Interpretasi FotoUdara
3
2
1
2
14
GEO030014
Dasar-dasar Ilmu Ekonomi
2
2
0
1
15
GEO030015
Ekologi dan Ilmu Lingkungan
3
2
1
6
16
GEO030016
Geografi Desa Kota
3
3
0
3
17
GEO030017
Zoophyto Geografi
3
3
0
5
18
GEO030018
Dasar-Dasar Sejarah
2
2
0
2
19
GEO030019
Media Pengajaran Geografi
3
3
0
5
20
GEO030020
Strategi Belajar Mengajar Geografi
3
3
0
5
21
GEO030021
Evaluasi Pengajaran Geografi
3
3
0
6
22
GEO030022
Perencanaan Pengajaran Geografi
3
3
0
5
23
GEO030023
Geografi Regional Indonesia
2
2
0
3
24
GEO030024
Geografi Regional Dunia
2
2
0
4
25
GEO030025
Dasar-Dasar Ilmu Sosiologi
2
2
0
3
26
GEO030026
Statistik Dasar
2
2
0
3
27
GEO030027
Statistik Geografi Terapan
2
2
0
4
28
GEO030028
Bedah Buku Teks SMA dan SMP
2
2
0
6
29
GEO030029
Pengajaran Mikro
3
0
3
6
30
GEO030030
Geografi Kebencanaan
3
3
0
6
31
GEO030031
Metodologi Penelitian Kuantitatif
2
2
0
5
32
GEO030032
Metodologi Penelitian Kualitatif
2
2
0
6
33
GEO030033
Kosmografi
3
2
1
2
34
GEO030034
SIG Dasar
2
2
0
4
35
GEO030035
Magang
2
0
2
7
36
GEO030036
Kuliah Kerja Lapangan
2
0
2
8
37
GEO030037
Seminar Geografi
1
0
1
7
38
GEO030038
 Skripsi
6
0
6
8
Jumlah SKS
97
73
24

3. Mata Kuliah Pilihan




1
AKW030001
Geografi Pariwisata*
3
3
0
4
2
AKW030002
Survey Pemetaan*
3
3
0
4
3
AKW030003
Analisa Wilayah *
3
3
0
4
4
AKW030004
Geografi Transportasi*
3
3
0
5
5
AKW030005
Perencanaan Penggunaan Lahan*
3
3
0
5
6
AKW030006
Kebijakan Pengembangan Wilayah*
3
3
0
8
7
AKW030007
Analisis Lokasi dan Keruangan*
3
3
0
8
8
AKW030008
SIG Terapan Keruangan *
3
3
0
5
9
AKW030009
Konservasi dan Rehabilitasi Lahan*
3
3
0
6
10
AKW030010
Geologi Lingkungan dan Sumber Daya*
3
3
0
6
11
AEK030001
Analisis Resiko Multi Bencana**
3
3
0
6
12
AEK030002
Pengelolaan DAS**
3
3
0
4
13
AEK030003
Pengelolaan Lingkungan Hidup**
3
3
0
5
14
AEK030004
Perubahan Iklim Global**
3
3
0
4
15
AEK030005
Evaluasi Sumber Daya Lahan**
3
3
0
8
16
AEK030006
Geografi Pesisir dan kelautan**
3
3
0
5
17
AEK030007
Mitigasi dan Adaptasi Bencana**
3
3
0
4
18
AEK030008
Ekologi Bentang Lahan**
3
3
0
8
19
AEK030009
SIG Terapan Kebencanaan **
3
3
0
5
20
AEK030010
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan **
3
3
0
6
Jumlah SKS
60
60
0

Jumlah Total SKS yang Ditawarkan
 191



Jumlah Total SKS yang Diambil
 146



Keterangan:
AKW   =  Kode matakuliah pilihan untuk profil pendukung Analisis Keruangan dan Wilayah
AEK    =  Kode matakuliah pilihan untuk profil pendukung Analisis Ekologi dan Kebencanaan
*          =  Matakuliah pilihan (diambil minimal 12 SKS untuk setiap   Profil pendukung yang
  dipilih).
2)   Penawaran Mata Kuliah Per Semester
SEMESTER  1
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
1
STKIP0001
Agama
3
2
STKIP0005
Pengantar Pendidikan
2
3
GEO030001
Pengantar Filsafat Geografi
3
4
GEO030002
Geologi Umum
3
5
GEO030003
Geomorfologi Umum
3
6
GEO030004
Geografi Penduduk
3
7
GEO030007
Kartografi
3
8
GEO030014
Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi
2
Jumlah
22
SEMESTER 2
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
1
STKIP0002
Pancasila
2
2
STKIP0006
Perkembangan Peserta Didik
3
3
STKIP0012
Bahasa Inggris
2
4
GEO030005
Geografi Tanah
3
5
GEO030011
Geologi Indonesia
2
6
GEO030012
Geomorfologi Indonesia
2
7
GEO030013
Penginderaan Jauh/Inter.Foto Udara
3
8
GEO030018
Dasar-Dasar Sejarah
2
9
GEO030033
Kosmografi
3
Jumlah
22


SEMESTER  3
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
1
STKIP0003
Kewarganegaraan
2
2
STKIP0004
Bahasa Indonesia
2
3
GEO30006
Meteorologi/Klimatologi
3
4
GEO30008
Aplikasi Bahasa Inggris
2
5
GEO30010
Hidrologi Dasar
3
6
GEO30016
Geografi Desa Kota
3
7
GEO30023
Geografi Regional Indonesia
2
8
GEO30025
Dasar-Dasar Ilmu Sosiologi
2
9
GEO30026
Statistik Dasar
2
Jumlah
21


SEMESTER  4

NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
1
STKIP0007
Profesi Kependidikan
3
2
STKIP0011
Kewirausahaan
3
3
GEO030009
Oceanografi
3
4
GEO030024
Geografi Regional Dunia
2
5
GEO030027
Statistik Geografi Terapan
2
6
GEO030034
SIG Dasar
2
7
AKW030001
Geografi Pariwisata*
3
8
AKW030002
Survey Pemetaan*
3
9
AKW030003
Analisa Wilayah*
3
10
AEK030002
Pengelolaan DAS**
3
11
AEK030004
Perubahan Iklim Global**
3
12
AEK030007
Mitigasi dan Adaptasi Bencana **
3
Jumlah
21
Ket:  Matakuliah Pilihan (*) diambil 4 SKS untuk masing-masing profil pendukung yang dipilih


SEMESTER 5

NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
1
STKIP0013
Budaya Minangkabau
3
2
GEO030021
Evaluasi Pengajaran Geografi
3
3
GEO030019
Media Pengajaran Geografi
3
4
GEO030020
Strategi Belajar Mengajar Geografi
3
5
GEO030022
Perencanaan Pengajaran Geografi
3
6
GEO030031
Metodologi Penelitian Kuantitatif
2
7
GEO030035
Magang
2
8
AKW030004
Geografi Transportasi*
3
9
AKW030007
Analisis LOkasi dan Keruangan*
3
10
AKW030008 
SIG Terapan Keruangan*
3
11
AEK030003
Pengelolaan Lingkungan Hidup**
3
12
AEK030006
Geografi Pesisir dan Kelautan**
3
13
AEK030009
SIG Terapan Kebencanaan**
3
Jumlah
22
Ket:  Matakuliah Pilihan (*) diambil 3 SKS untuk masing-masing profil pendukung yang dipilih

SEMESTER  6
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
1
STKIP0010
Ke PGRI an
3
2
GEO030015
Ekologi dan Ilmu Lingkungan
3
3
GEO030017
Zoophyto Geografi
3
4
GEO030028
Pengajaran Mikro
3
5
GEO030029
Bedah Buku Teks SMA dan SMP
2
6
GEO030030
Geografi Kebencanaan
3
7
GEO030032
Metodologi Penelitian Kualitatif
2
8
AKW030009
Konservasi dan Rehabilitasi Lahan*
3
9
AKW030010
Geologi Lingkungan dan Sumber Daya*
3
10
AEK030001
Analisis Resiko Multi Bencana**
3
11
AEK030010
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan**
3
Jumlah
22
Ket:  Matakuliah Pilihan (*) diambil 3 SKS untuk masing-masing profil pendukung yang dipilih


SEMESTER 7

NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
1
STKIP0014
PL Kependidikan
4
2
GEO030037
Seminar Geografi
1
3
AKW030006
Kebijakan Pengembangan Wilayah*
3
4
AKW030007
Analisis Lokasi dan Keruangan*
3
5
AEK030005
Evaluasi Sumber Daya Lahan**
3
6
AEK030008
Ekologi Bentang Lahan**
3
Jumlah
5


SEMESTER 8

NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
1
STKIP0008
Ilmu Kealaman Dasar
3
2
GEO030038
Penulisan Skripsi
6
3
GEO030036
Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
2
Jumlah
11






g.      Dosen Program Studi 
NO
NIDN
NAMA
KODE DOSEN
KETERANGAN
1
1008126701
Slamet Rianto, M.Pd.
Yayasan
Ketua Prodi
2
1017027701
Erna Juita, S.Pd. M.Si
Yayasan
Sekretaris Prodi
3
1020046502
Drs. Dasrizal, MP.
Yayasan
Ketua Yayasan
4
1013097201
Dr. Yeni Erita, M.Pd.
Yayasan
Dosen
5
1012126303
Drs. Edi Suarto, M.Pd.
Yayasan
Dosen
6
1011018501
Rozana Eka Putri, S.Pd. M.Si.
Yayasan
Dosen
7
1018098401
Rika Despica, S.Pd. M.Si.
Yayasan
Dosen
8
1027058302
Elvi Zuriyanim M.Si.
Yayasan
Sekretaris UP2lab
9
1007107203
Yuherman, SP. M.Pd.
Yayasan
Dosen
10
1020117102
Nefilinda, SE. M.Si.
Yayasan
Dosen
11
1011017703
Farida, S.Si. M.Sc.
Yayasan
Dosen
12
1012098502
Loli Setriani, M.Pd.
Yayasan
Dosen
13
1001038202
Ade Irma Suryani, M.Pd.
Yayasan
Dosen
14
1016018802
Nila Afryansih, M. Pd.
Yayasan
Dosen
15
1001078801
Momon Dt. Tanamir, M.Pd.
Yayasan
Dosen
16
1027078801
Elsa, M.Pd.
Yayasan
Dosen
17
1003048602
Afrital Rezki, S.Pd. M.Si.
Yayasan
Dosen
18
1018108801
Arie Zella Putra Ulni, M.Pd.
Yayasan
Dosen


A.   Sinopsis Mata Kuliah Institusi
STKIP0001           Agama (3-0 sks)
Mengkaji tentang pengetahuan keagamaan dalam rangka menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Mampu menerapkan nilai-nilai luhur keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, bersikap rasional, dinamis, berbudi pekerti luhur dan menghargai kerjasama antar umat dalam mengabdikan ilmu, teknologi dan seni untuk kepentingan nasional.
STKIP0002           Pancasila (2-0)
Mengkaji tentang pancasila sebagai falsafat kehidupan berbangsa, etika politik, ideologi nasional, ketatanegaraan, dan paradigma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara untuk dipahami dan diamalkan dengan menerapkan nilai-nilai etika pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
STKIP0003           Kewarganegaraan (2-0 sks)
Mengkaji tentang pancasila dan implementasinya, identitas nasional dan masyarakat madani, demokrasi, hak dan kewajiban negara dan warganegara.
STKIP0004           Bahasa Indonesia (3-0 sks)
Mengkaji tentang bagaimana membina dan mengembangkan keterampilan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai media penyampaian ilmu pengetahuan. Aksentuasi perkuliahan pada keterampilan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik lisan maupun tertulis dalam karangan ilmiah dan surat menyurat, dengan memahami struktur kalimat, pengembangan paragraf, membuat komentar, membuat kesimpulan dan resensi.
STKIP0005           Pengantar Pendidikan (2-0 sks)
Mengkaji tentang pengertian pendidikan, teori-teori pendidikan, factor-faktor pendidikan, komponen pendidikan, menganalisis pendidikan sebagai suatu disiplin ilmu, dan sebagai system serta menganalisis dasar-dasar pelaksanaan pendidikan. Membicarakan tentang perkembangan, hakekat, azas, dan landasan pendidikan nasional.

STKIP0006           Perkembangan Peserta Didik (3-0 sks)
Mengkaji tentang karakteristik pertumbuhan dan perkembangan, kebutuhan dan tahap-tahap perkembangan  penyesuaian diri remaja (usia sekolah menengah) serta implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan.
STKIP0007           Profesi Kependidikan (3-0 sks)
Mengkaji tentang peran guru dalam pelayanan bimbingan dan konseling administrasi pendidikan di sekolah, penyikapan tugas, refleksi profesional dan kode etik profesi keguruan.
STKIP0008           Ilmu Kealaman Dasar (3-0 sks)

Mengkaji tentang hakikat manusia dan sifat keingintahuannya, menjadi ilmuwan dan profesional yang berpikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah berwawasan luas;  etis, estetis serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, serta mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

STKIP0009           Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (3-0 sks)
Mengkaji tentang kepribadian, kepekaan sosial, kemampuan hidup bermasyarakat, pengetahuan tentang pelestarian, pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup, dan wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Membantu menumbuhkembangkan: daya kreatif, apresiasi, dan kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai sosial dan budaya demi memantapkan kepribadiannya sebagai bekal hidup bermasyarakat selaku individu dan mahluk sosial.
STKIP0010           Ke-PGRI-an (3-0 sks)
Mengkaji tentang sejarah pendidikan, sejarah perjuangan guru, sejarah PGRI dan jati diri PGRI.
STKIP0011           Kewirausahaan (3-0 sks)
Mengkaji tentang tentang menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan mengembangkan konsep wawasan, prinsip, sikap mental, etika, sikap mandiri dalam perhitungan resiko wirausaha.




STKIP0012           Bahasa Inggris (2-0 sks)
Mengkaji tentang pengembangan keterampilan dasar bahasa Inggris khususnya dalam membaca teks bahasa Inggris sesuai dengan bidang studi. Sehingga lulusan memiliki keterampilan lebih berbahasa Inggris sesuai dengan bidangnya.
STKIP0013           Budaya Minangkabau (3-0 sks)
Mengkaji tentang pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang budaya adat Minangkabau dengan segala hal yang melingkupinya. Diharapkan dengan mempelajari/mengikuti mata kuliah ini akan terjadi transfer pengetahuan kepada generasi penerus dan pelestarian budaya lokal.
STKIP0014           PL Kependidikan (4 sks)
Mengkaji tentang pengalaman awal kepada calon guru dalam mengimplementasikan penguasaan akademik kependidikan dan akademik bidang keahlian, melalui mengajar terbimbing oleh Guru Pamong (bisa sebagai asisten guru) tetapi bukan PPL.
  
B.   Sinopsis Mata Kuliah Program Studi

a.    Mata Kuliah Wajib Prodi
GEO030001          Pengantar Filsafat Geografi (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang perkembangan geografi dari sejak Yunani Kuno sampai sekarang termasuk perkembangan yang terjadi di Indonesia sampai menjadi bidang ilmu yang mandiri dan memberikan kontribusi bagi pembangunan. Geografi memandang bahwa manusia tidak lepas dari lingkungannya yang patut dipahami, karena pemanfaatan, pemeliharaan, pelestarian, bahkan kerusakan lingkungan tidak lepas dari peranan manusia yang terdapat di dalamnya. Memahami dan menkaji ruang lingkup sebagai dasar pembentukan pemikiran geografi, sehingga berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain, bahkan luasnya kajian geografi baiks ebagai ilmu fisik, sosial, maupun budaya menyebabkan geografi memiliki banyak cabang, sehingga perlu adanya spesialisasi dari cabang-cabang tersebut yang dilandasi oleh ilmu pengetahuan yang lain
GEO030002          Geologi Umum (2-1 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dalam mengkaji Pembahasan teoritis maupun praktikum dilapangan tentang proses pembentukan bumi, deformasi tektonik, perlapisan bumi dan jenis batuan penyusun kulit bumi, serta proses-proses yang berlaku. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktikum
GEO030003          Geomorfologi Umum (2 – 1 SKS)
Mengkaji tentang geomorfologi umum digunakan untuk peningkatan kualitas mahasiswa yang meliputi berfikir kreatif, sistematik dan ilmiah tentang bentang alam dan bentuk relief permukaan bumi serta keterkaitan geomorfolofgi dengan ilmu-ilmu lainnya, serta pemetaan bentang alam yang tersaji dalam peta topografi yang menggambarkan aspek geomorfologi.
GEO030004          Geografi Penduduk (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang prinsip-prinsip dan konsep-konsep geografi untuk analisis kependudukan. Geografi Penduduk mempelajari penampilan variasi ruang dari distribusi, komposisi, perpindahan dan pertumbuhan penduduk yang dikaitkan dengan variasi ruang di pelbagai tempat di permukaan bumi. Kompetensi akhir yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah penguasaan analisis geografi untuk kependudukan yang dikaitkan dengan variasi ruang di permukaan bumi. Materi perkuliahan meliputi posisi geografi penduduk dalam konteks geografi, sumber data geografi penduduk, pendekatan dalam geografi penduduk, pertumbuhan penduduk spatial, persebaran penduduk di berbagai ruang permukaan bumi, keterkaitan antara pertumbuhan penduduk dengan tanah, iklim, sumberdaya alam, sejarah dan politik, mobilitas penduduk geografis, tekanan penduduk dan daya dukung lingkungan.
GEO030005          Geografi Tanah (2-1 SKS)
Mengkaji tentang konsep dasar ilmu tanah (Soil Science) sebagai bagian dari studi geografi terpadu (unified geography) yang meliputi hakekat dan konsep tanah, sifat fisik-kimia-biologi tanah, genesa tanah, survey dan pemetaan tanah, klasifikasi dan taksonomi tanah, serta persebaran tanah dalam suatu ruang. Di akhir perkuliahan mahasiswa diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam membaca dan membuat peta tanah yang didasarkan pada hasil survey melalui praktikum lapangan.
GEO030006          Meteorologi/Klimatologi (2-1 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dalam mengkaji fenomena cuaca dan iklim sebagai bagian dari kajian geografi khususnya yang berkaitan dengan proses atmosfer. Pada mata kuliah ini diperkenalkan unsur– unsur pembentuk cuaca/iklim (radiasi matahari, kelembaban udara, suhu dan tekanan udara serta angin) beserta alat– alat pengukurnya,  mekanisme terbentuknya musim, aplikasi bidang klimatologi pada berbagai bidang, pengetahuan mengenai pembentukan awan dan hujan, gangguan iklim global serta klasifikasi iklim dunia dan kondisi iklim Indonesia
GEO030007          Kartografi (2-1 SKS)
Mengkaji tentang pembuatan peta sekaligus mencakup studinya sebagai dokumen-dokumen ilmiah dan hasil karya. Namun, secara fundamental pada tahun 1960 yang tadinya kartografi diartikan sebagai pembuatan peta telah mengalami perubahan definisi menjadi penyampaian informasi geospasial dalam bentuk peta. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kartografi telah dikelompokan dalam ilmu pengetahuan komunikasi dan hadirnya tekhnologi komputer yang tentunya menghasilkan pandangan bahwa kartografi tidak hanya sebagai pembuatan peta semata. Dalam kartografi diharapkan juga terkandung nilai ilmu pengetahuan (sceince), estetika (aesthetics), teknik, dan berdiri di atas keyakinan bahwa kenyataan yang ada di sekitar kita (reality) dapat dimodelkan dalam berbagai cara yang memungkinkan informasi ruang (spatial) dapat dikomunikasikan secara efektif.
GEO030008          Aplikasi Bahasa Inggris (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang dasar-dasar pengetahuan bahasa Inggris untuk keperluan berkomunikasi seperti memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dalam konteks ilmu geografi. Selain itu, mahasiswa juga diberikan materi berupa bacaan yang terkait dengan topik-topik geografi, membuat surat lamaran kerja dan wawancara dalam bahasa Inggris
GEO030009          Oceanografi (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dalam mengkaji fenomena  Pengetahuan dasar tentang laut dan pengaruhnya terhadap  fakto-faktor geografis lainnya serta bagaimana hubungan antara lautan dengan kehidupan social ekonomi budaya dan hankam (pertahanan dan keamanan). Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktikum.
GEO030010          Hidrologi  Dasar (2-1 SKS)
Mengkaji tentang aspek sebaran, proses dan siklus air di permukaan bumi. Ruang lingkup bahasan untuk setiap komponen siklus hidrologi (hujan, evapotranspirasi, infiltrasi & limpasan permukaan)  meliputi pengertian, proses, faktor yang mempengaruhi unsur terkait serta cara pengukuran di lapangan maupun pendekatan secara empiris. Pada mata kuliah ini juga diperkenalkan mengenai air tanah serta permasalahannya, debit sungai dan cara pengukurannya serta dampak perubahan iklim terhadap ketersediaan air.
GEO030011          Geologi Indonesia (2 – 0 SKS
Mengkaji tentang fisiografi dan struktur geologi kepulauan Indonesia dimulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua.   Disamping itu mengkaji fenomena terbaru yang ada seperti gempa DIY Jateng, Lumpur Lapindo, dan tsunami Aceh.
GEO030012          Geomorfologi Indonesia (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang fenomena geomorfologi dengan pendekatan secara keruangan dan kelingkungan yang meliputi letak, luas, batas, kondisi iklim, hidrologi, jenis tanah, kerangka geologi, fisiografi, morfologi, bentuklahan, bentanglahan, serta pemanfaatannya yang dikatkan dengan karakteristik, potensi, dan pengembangan wilayah yang ada di seluruh kepulauan Indonesia mulai dari: Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.
GEO030013          Penginderaan Jauh/Interpretasi Foto Udara (2-1 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dan keterampilan tentang teknik-teknik pengamatan dan penafsiran fenomena geografi melalui foto udara dan citra penginderaan jauh secara teoritis dan praktikum di laboratorium.
GEO030014          Dasar-dasar Ilmu Ekonomi (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang ekonomi masyarakat yang terkait dengan kebutuhan manusia, barang dan jasa, serta pemanfaatan sumber daya alam, kelangkaan dalam sumber daya alam serta siapa saja pelaku dalam perekonomian,  kemudian dengan memepelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui  konsep dasar ekonomi dan kebutuhan manusia, sehingga adanya pemanfaatan sumber daya yang ada dengan adanya pelaku ekonomi.
GEO030015          Ekologi dan Ilmu Lingkungan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan peri-lakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktikum.
GEO030016          Geografi Desa Kota (3-0 SKS)
Mengkaji tentang konsep dasar dari, masyarakat desa dan kota, serta pemerintahan desa kota, pola desa kota serta potensi desa kota, kemudian dengan memepelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tingkat perkembangan desa dan kota serta permaslahan dan ciri desa kota sehingga mampu mengukurn tingkat perkembangan desa dan kota.
GEO030017          Zoophyto Geografi (3 - 0 SKS)
Mengkaji tentang ruang lingkup biogeografi, rantai makanan, siklus biogeokimia, faktor-faktor yang mempengaruhi sebaran tumbuhan yang ada di permukaan bumi, tipe-tipe bioma di muka bumi, migrasi dan pemencaran tumbuhan, nnilai ekonomis, ekologis dan sosial bagi manusia, taksonomi hewan, kaitan paleogeografi dengan sebaran hewan beserta evolusinya, migrasi hewan dan penghalang (barrier), pewilayahan hewan di muka bumi, fauna kepulauan Indonesia, suaka margasatwa, cagar alam, program pelestarian dan perlindungan hewan, serta nilai ekonomis, ekologis dan social hewan bagi manusia.
GEO030018          Dasar-dasar Sejarah (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang sejumlah pengetahuan elementer ilmu sejarah secara pengetahuan sejarah secara umum serta hubungannya dengan ilmu geografi yang menggambarkan fenomena-fenomena yang yang terlihat ditengah-tengah masyarakat.
GEO030019          Media Pengajaran Geografi (3 - 0 SKS)
Mengkaji tentang pentingnya pengguaan media dalam pengajaran geografi, mamilih dan merencanakan, terampil dalam membuat media sesuai dengan materi pelajaran, memakai serta mengevaluasi media sesuai dengan materi pelajaran.
GEO030020          Strategi Belajar Mengajar (3– 0 SKS)
Mengkaji tentang wasasan dan pengetahuan dan teori-teori strategi pembelajaran, mampu memilih metode pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran, terampil dalam menentukan dan mengugunakan media pembelajaran, serta terampil dalam melakukan pengelolaan kelas.
GEO030021          Evaluasi Pengajaran Geografi (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang prinsip, teknik, dan prosedur penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran. Diharapkan dengan mempelajarai /mengikuti matakuliah ini akan terjadi transfer pengetahuan, perubahan sikap, dan pembekalan keterampilan umum dan khusus dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.
GEO030022          Perencanaan Pengajaran Geografi (3 - 0 SKS)
Mengkaji tentang menyusun perencanaan pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan panduan implementasi Kurikulum 2004,  2006 (KTSP), dan 2013. Lingkup teori yang diharapkan dipahami mahasiswa antara lain prinsip dan konsep pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran, merumuskan tujuan, penyusunan skenario, dan evaluasi. Sedangkan keterampilan yang diharapkan dikuasai mahasiswa adalah menyusun suatu naskah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), standar kriteria ketuntasan belajar, program semester, program tahunan, silabus dan praktek perbaikan proses pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas, penelitian pengembangan, dan eksperimen.
GEO030023          Geografi Regional Indonesia (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang fenomena geografi Indonesia dan hubungannya dengan kegiatan penduduk yang didekati secara keruangan dan kelingkungan yang meliputi letak keadaan geologi, geomorfologi, iklim, tanah, perairan, laut, hidrologi, flora dan fauna, ekosistem pantai, ekosistem dataran rendah dan pegunungan, sumberdaya alam, penduduk dan aktifitasnya meliputi pertanian, perikanan, kehutanan, perindustrian, transportasi, perdagangan, konservasi dan hubungannya dengan pembangunan local, regional dan nasional.
GEO030024          Geografi Regional Dunia (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang konsep yang mempelajari suatu wilayah geografi. Region tersebut tidak terbatas luasnya dan sangat bervariasi. Yang menjadi karakteristik dari masing-masing region tersebut bisa berupa kesamaan (homogenitas) aspek fisik, aspek sosial, maupun keterpaduan antara keduanya. Pada region tadi, terjadi interaksi antara unsur fisik: iklim/cuaca, batuan, tanah, air dan sebagainya, dengan aspek manusia: termasuk kebudayaannya. Dari hasil interaksi tersebut memungkinkan adanya “kelebihan” maupun “kelemahan” dibanding wilayah lain. Perbedaan antara satu region dan region lain (differensiasi area) memungkinkan terciptanya interaksi antar wilayah. Suatu kawasan memiliki homogenitas tersendiri yang menarik untuk dipelajari. Mata kuliah ini mempelajari kekhasan masing-masing region, sehingga mahasiswa diharapkan mampu membandingkan antara satu region dengan region lainnya, untuk selanjutnya mahasiswa dapat menarik suatu kesimpulan yang didasarkan atas fakta fisik maupun sosial di dalamnya.
GEO030025          Dasar-dasar Ilmu Sosiologi  (2– 0 SKS)
Mengkaji tetang struktur sosial, proses sosial, dan perubahan-perubahan sosial. Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur- unsur sosial yang pokok,yaitu kaidah-kaidah sosial,lembaga-lembaga sosial,kelompok- kelompok sosial,dan lapisan soial.Proses sosial adalah pengaruh timbal-balik dari berbagai segi kehidupan sosial (ekonomi dan politik,hukum,dan agama).
GEO030026          Statistik Dasar (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang konsep, pemodelan, dan pendugaan statistik. Mahasiswa diharapkan nantinya mampu menganalisis instrumen penelitian dan paham tentang pengajuan hipotesis. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan keterampilan dalam menganalisis data statistik deskriptif dan deskriptif inferensial.

GEO030027          Statistik Terapan Geografi  (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dan analisa tentang deskriptif, Chi-kuadrat, korelasi linier dan ganda, regresi linier dan ganda, serta Uji T, perhitungan yang dilakukan secara manual dan memakai SPSS Versi 22, mahasiswa disarankan untuk membawa laptopnya masing-masing agar dapat mempraktekkan secara langsung analisis yang menggunakan perangkat SPSS Versi 22 tersebut.
GEO030028          Bedah Buku Teks SMP dan SMA (2 – 0 SKS)
Mengkaji tentang wasasan dan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis kurikulum dari sejarah perkembangan kurikulum sampai sekarang ini serta menganilisis buku teks dalam pembelajaran geografi sebagai bekal bagi para calon guru yang handal dan professional.

GEO030029        Pengajaran Mikro (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar di sekolah / lembaga pendidikan dalam program praktek pengalaman lapangan. Terdiri dari :memahami dasar-dasar pengajaran mikro, menyusun rencana pelaksanaan pengajaran (RPP), membentuk dan meningkatkan kompetensi mengajar terbatas, kompetensi mengajar terpadu dan utuh, membentuk kompetensi kepribadian, dan membentuk kompetensi sosial.
GEO030030          Geografi Kebencanaan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang aspek kebencanaan yang berada di dalam suatu daerah dengan mengintegrasikan mitigasi bencana ke dalam rencana tata ruang nya tersebut. Materinya meliputi berbagai kawasan rawan bencana alam seperti kawasan rawan letusan gunung berapi, kawasan rawan gempa bumi, kawasan rawan tanah longsor,dan lainnya diarahkan menjadi suatu kawasan lindung
GEO030031          Metode Penelitian Kuantitatif (2-0 SKS)
Mengkaji tentang cara atau metode penelitian yang dapat dipakai dalam penelitian fisik dan sosial pada umumnya, dan khususnya penelitian geografi. Salah satu model atau metode yang dapat dipakai dan dipelajari saat ini adalah model penelitian survey kuantitatif. Penelitian survey membutuhkan rancangan penelitian dengan tahap-tahap yang lebih baku dan terencana dibandingkan model lain seperti grounded, model-model penelitian kuantitatif lainnya. Rancangan tersebut menuntut pemahaman teorisasi, proposisi, konsep, variabel dan pengukuran variabel serta perumusan hipotesa.
GEO030032          Metode Penelitian Kualitatif (2-0 SKS)
Mengkaji tentang keterkaitan antara metode penelitian kualitatif dengan teori-teori geografi, esensi metode penelitian kualitatif, validitas data, analisis data dalam penelitian kualitatif, interpretasi data dan cara penulisan laporan penelitian kualitatif.
GEO030033          Kosmografi (2 – 1 SKS)
Mengkaji tentang keadaan iklim, perubahan iklim baik yang terjadi di belahan bumi utara maupun di belahan bumi selatan, terjadinya angin muson di Indonesia, pembagian waktu, pembelokan arah angin, pasang naik-pasang surut air laut. Pembahasan kosmografi membahas tentang benda-benda langit yang ada di jagad raya dan bagaimana hubungannya dengan bumi.
GEO030034          SIG Dasar (2 -0 SKS)
Mengkaji tentang konsep SIG, perkembangan, komponen, unsur-unsur esensisal, struktur data, pembuatan peta digital (teori dan praktik), pemasukan data non grafis/atribut, pengolahan data base (teori dan praktik) dan beberapa aplikasi SIG dalam kajian geografi. Mata kuliah SIG ini terdiri atas teori dan praktikum. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktikum.
GEO030035          Magang Program Studi (0 – 2 SKS)
Mengkaji tentang kerja praktek pada perkantoran dan lembaga lainnnya, yang bergerak di bidang ilmu geografi dan lingkungan, agar dapat menerapkan teori dengan praktek dilapangan (Instansi Pemerintah dan Swasta).
GEO030036          Kuliah Kerja Lapangan (0 – 2 SKS)
Mengkaji tentang konsep-konsep geografi, teori, prinsip-prinsip, dan generalisasi yang dibahas dalam kelas melalui kuliah kerja lapangan ( KKL)
GEO030037          Seminar Geografi (1 –0SKS)
Mengkaji tentang prosedur pembuatan proposal sesuai dengan peraturan akademik yang berlaku, memberikan cara memaparkan isi proposal dan argumentasi terhadap isi proposal dalam seminar.
GEO030038          Penulisan Skripsi (6 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengalaman dalam penelitian yang diikuti dengan latihan penulisan hasil penelitian / temuan dan disusun dalam bentuk skripsi, dimulai dari langkah-langkah penemuan masalah, memecahkan masalah penelitian, hasilnya dituangkan dalam bentuk skripsi dan dipertahankan di dewan penguji.

b.      Mata Kuliah Pilihan
AKW030001          Geografi Pariwisata (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan dan keterampilan tentang prinsip, teknik, dan prosedur penilaian serta penentuan faktor-faktor yang dinilai dalam pengajaran geografi.Mata kuliah geografi pariwisata mmenjelaskan mengenai konsep dasar dari geografi ekonomi yang meliuti pengertian istilah kajian geografi ekonomi yaotu pemanfaatan sumber daya alam, industri, perdagangan, dan transportasi, kemudian dengan memepelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui pemmanfaatan sumberdaya alam untuk meningkatkan perekonomian dan memenuhi kebutuhan manusia.
AKW030002          Survey Pemetaan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengetahuan tentang dasar-dasar pengetahuan survey/ukur tanah dan menggunakan alat ukur tanah melalui kerja lapangan dalam rangka mewujudkan peta pada daerah tertentu di muka bumi.
AKW030003          Analisa Wilayah (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang mata kuliah yang terkait dengan wilayah, baik perkembangannya dan perencanaan pembangunan wilayah yang memiliki dimensi komprehensif mencakup segala aspek dalam wilayah seperti fisik, sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya. Mata kuliah ini tidak hanya menyajikan analisis wilayah yang bersifat kualitatif namun juga terdapat analisa wilayah yang bersifat kuantitatif. Utnuk mendukung teknik analisa wilayah dan perencanaan yang tepat dalam suatu wilayah hingga tujuan pembangunan dapat tercapai
AKW030004          Geografi Transportasi (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang model transportasi, sarana dan prasarana transportasi, permasalahan transportasi dan infrastrukturnya, serta upaya perekayasaan transportasi massal yang lebih baik. Mahasiswa dapat memahami pola kerja transportasi dan aksebilitas dan perekayasaan wawasan dan pandangan bagi mahasiswa, dosen yang ingin mengenal transportasi dari sudut pandang geografi.

AKW030005          Perencanaan penggunaan lahan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang Perencanaan penggunaan lahan merupakan kajian peruntukan suatu lahan yang memperhatikan kendala/pembatas untuk suatu peruntukan. Dalam proses perencanaan tata guna lahan diperlukan kajian terkait dengan kemampuan/kecocokan lahan secara umum dan kajian kesesuaian lahan untuk berbagai peruntukan secara khusus. Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa untuk menemu-kenali permasalahan dalam penggunaan lahan karena tidak sesuai dengan kemampuan/kesesuaian lahannya.
AKW030006          Kebijakan Pengembangan Wilayah (3 – 0 SKS)
Mempelajari tentang kebijakan dan perencanaan pembangunan wilayah, proses dan prosedur perencanaan pembangunan wilayah (daerah) dan keterkaitannya dengan perencanaan pembangunan nasional, Konsep-konsep perencanaan pembangunan wilayah dan pedesaan dalam dimensi spasial dan a-spasial untuk pengembangan wilayah, mempelajari beberapa kebijakan, teknik dan analisis perencanaan pembangunan wilayah.
AKW030007          Analisis lokasi dan keruangan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang teori lokasi berbagai kegiatan manusia di dalam ruang, mampu mempergunakan teknik dan metode analisis untuk mengkaji kecenderungan lokasi kegiatan-kegiatan, dan mampu merumuskan pertimbangan lokasi dalam perumusan kebijakan pengembangan wilayah dan kota.
AKW030008          SIG Terapan Keruangan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang konsep dasar penyusunan basis data, model analisis keruangan secara sederhana, serta arahan evaluasi model berbasis teknologi SIG.
AKW030009          Konservasi dan Rehabilitasi Lahan*(3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang proses kerusakan lahan, teknik-teknik konservasi lahan (vigetatif, sipil teknis dan kimia), pengendalian kerusakan lahan, perbaikan lahan kritis, membuat perencanaan rehabilitasi lahan kritis dan proses monitoring dan evaluasi
AKW030010          Geologi Lingkungan dan Sumber Daya (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengelolaan sumber daya alam bagi perencanaan yang berperanan sebagai pendukung dan pembatas pengembangan wilayah dan kota.

AEK030001           Analisis resiko multi bencana (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pertumbuhan penduduk yang cepat, pembangunan dan tata ruang yang kurang memperhatikan kerawanan terhadap bencana. Risiko bencana yang dipelajari adalah potensi kerugian yang ditimbulkan akibat bencana pada suatu wilayah dan kurun waktu tertentu, yang dapat berupa kematian, luka, sakit, dan jiwa terancam.
AEK030002           Pengelolaan DAS (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang manajemen pemanfaatan dan perlindungan daerah aliran sungai sebagai daerah tangkapan hujan (catchment area), sumberdaya air, sarana transportasi sekaligus mencarikan solusi terhadap bencana yang sering ditimbulkan.
AEK030003           Pengelolaan Lingkungan Hidup ( 3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengelolaan lingkungan hdup, yang memberikan manfaat bagi masyarakat, namun saat ini telah banyak mengalami degradasi diakibatkan oleh manusia itu sendiri. Setelah mendapatkan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat mengerti, mampu menjelaskan pengelolaan lingkungan hidup, baik teori maupun prakteknya. Di akhir mata kuliah mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan hal-hal yang terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup saat ini yang telah banyak mengalami degradasi.
AEK030004           Perubahan Iklim Global (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang meningkatnya suhu global seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem,serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. mencairnya tudung es di kutub, meningkatnya suhu lautan, kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah penyakit berbahaya, banjir besar-besaran, coral bleaching dan gelombang badai besar.
AEK030005           Evaluasi Sumber Daya Lahan ( 3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang pengertian Sumberdaya lahan dan Pengelolaannya; Potensi dan kerentanan Sumberdaya Lahan; Pemanfaatan dan Pengembangan Sumberdaya Lahan yang berkelanjutan.  Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang konsep dan analisis lahan dalam perencanaan, penggunaan dan evaluasinya. Serta mampu memanfaatkannya untuk Pembelajaran Pengelolaan Sumberdaya Lahan di sekolah.
AEK030006           Geografi Pesisir Dan Kelautan (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang terminologi pesisir, karakteristik ekosistem pesisir, pembagian zona wilayah pesisir, proses-proses gemorfologi wilayah pesisir. Setelah mendapatkan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti, mampu menjelaskan tentang geografi pesisir dan kelautan, meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga dan melestarikan laut, serta mencegah terjadinya pencemaran.
AEK030007           Mitigasi Dan Adaptasi Bencana (3 – 0 SKS)
Mengkaji tentang ekplorasi pemanfaatan ruang secara tidak terkendali hingga berefek berupa berbagai bencana, seperti bencana iklim, geologi, longsor, banjir, teknologi dan bencana sosial. Kuliah ini juga membahas mengenai mitigasi dalam bentuk peningkatan pengetahuan dan wawasan bencana, sistem peringatan dini, dan cara meminimalkan resiko serta sosialisasi mitigasi bencana melalui pendidikan. Setelah mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu membahas ruang dalam berbagai ruang lingkup sesuai dengan ruang tempat tinggal, lingkungan sekitar, kota-desa, nasional dan internasional untuk mitigasi dan adaptasi kuliah.
AEK030008           Ekologi Bentang Lahan (3-SKS)
Mengkaji tentang dasar geosfer sebagai kunci dari lingkungan komunitas vegetasi, hewan dan manusia. Mata kuliah ini menjadi jembatan penghubung antara ekologi dasar dan ekologi aplikasi. Di kuliah ini mahasiswa mempelajari bentang lahan sebagai tempat berlangsungnya proses-proses ekologis sehingga merupakan dimensi spasial. Ekologi bentang lahan yang dipelajari dipisahkan menjadi 2 yaitu yang ekologi bentang lahan yang berkembang di Eropa yang memfokuskan kajian pada tipologi, klasifikasi, tatanama untuk diaplikasikan dalam evaluasi, pengelolaan dan restorasi sistem yang sudah terbangun. Kedua, ekologi bentang lahan dan perkembanganya di Amerika Serikat. Di akhir mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan pengembangan dasar teori dan model serta lebih fokus pada sistem-sistem alami ekologi bentang lahan.
AEK030010           SIG Terapan Kebencanaan (SIG 2-SKS)
Mengkaji tentang konsep dasar penyusunan basis data, model analisis keruangan secara sederhana, serta arahan evaluasi model berbasis teknologi SIG.

            AEK030011           Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ** (3-SKS) 
Mengkaji tentang dampak penting suatu usaha atau kegiatan kepariwisataan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang sangat diperlukan dalam proses pengambilan keputusan. Mata kuliah Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) mencakup latar belakang munculnya AMDAL, Kebijakan pembangunan, pelingkupan, penentuan dampak penting dan besar, pengumpulan data, metoda analisis dampak lingkungan, dan metoda identifikasi prediksi serta evaluasi dampak.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post